PLN Indonesia Power dan BKSDA Sulut: Kolaborasi Sinergis untuk Konservasi Penyu Langka

Senin, 27 November 2023 | 12:08:52 WIB

JAKARTA-Dalam rangka menjaga lingkungan dan memberdayakan masyarakat secara berkelanjutan, PLN Indonesia Power PLTP Lahendong menjalin sinergi dengan BKSDA Sulawesi Utara, DLH Provinsi Sulawesi Utara, dan pihak terkait untuk melepaskan tukik penyu hijau dan penyu belimbing di kawasan konservasi Taman Wisata Alam (TWA) Batuputih.

Pada kegiatan tersebut, PLN Indonesia Power berhasil melepaskan 45 ekor penyu hijau (Chelonia mydas) dan 35 ekor penyu belimbing (Dermochelys coriacea).

Penyu Hijau (Chelonia Mydas) merupakan spesies yang dilindungi secara hukum dan memiliki status Terancam Menurut IUCN Red List. Kawasan pesisir pantai TWA Batuputih menjadi salah satu tempat penting bagi Penyu Hijau untuk bertelur, informasi yang sering kurang dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat fungsi kawasan pengawetan satwa melalui konservasi Penyu Hijau, sekaligus menunjukkan komitmen PLN Indonesia Power, Kamojang POMU unit PLTP Lahendong sebagai pembangkit listrik ramah lingkungan, dalam menjaga keberlanjutan satwa yang dilindungi.

Program Konservasi Penyu Hijau di TWA Batuputih, dengan keterlibatan BKSDA Sulawesi Utara dan kerjasama dengan masyarakat setempat, diharapkan dapat membuka peluang untuk destinasi wisata baru yang mengintegrasikan perlindungan satwa dilindungi, mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, dan meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar akan pentingnya melestarikan Penyu Hijau.

Terkini