Jaga Masa Depan Lebih Baik, PLN IP Gandeng Mitra Kembangkan Solar Panel

Senin, 16 Oktober 2023 | 04:36:00 WIB

JAKARTA— PLN Indonesia Power menyambut masa depan baru berupa karbon netral ini bukan hanya masalah ekonomi tetapi juga untuk masa depan yang lebih baik sejalan dengan visi dan misi negara. 

Edwin Nugraha Putra, Dirut PT PLN Indonesia Power mengungkapkan Indonesia menargetkan karbon netral di tahun 2060, dan acara hari ini adalah tonggak dimulainya aksi kita. Sangatlah berarti jika hal ini dilakukan di Indonesia. 

“Karena Indonesia mempunyai potensi yang besar, di mana Indonesia diprediksi akan menjadi lima besar perekonomian di dunia di masa depan,” katanya. 

Edwin mengungkapkan guna mencapai target produksi sebesar 1 Gigawatt Peak (GWP) akan digunakan teknologi TOPCon (Tunnel Oxide Passivated Contact) yang belum ada di industri Solar PV dalam negeri. 

“Melalui teknologi TOPCon, efisiensi panel surya dapat ditingkatkan menjadi 28,7% dari rata-rata efisiensi saat ini berkisar 20%.”

Dengan cara seperti ini, paparnya, kolaborasi akan berlangsung jangka panjang dalam upaya mengembangkan industri EBT dalam negeri. Hal ini juga akan mampu meningkatkan perekonomian Indonesia, sekaligus membangun kapasitas nasional.

Terkini