Strategi Bisnis Berkelanjutan PLN Indonesia Power (PLNIP) untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Selasa, 23 Juli 2024 | 16:49:11 WIB

JAKARTA - PLN Indonesia Power (PLN IP), anak perusahaan dari PT PLN (Persero) yang bergerak di bidang pembangkitan tenaga listrik, menunjukkan komitmennya untuk menyelaraskan kegiatan bisnis dengan kesejahteraan masyarakat dan keberlanjutan.

Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra, menegaskan bahwa kesejahteraan masyarakat adalah bagian penting dari kesuksesan PLN IP. Program-program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang dijalankan sejalan dengan visi dan misi PLN, yaitu menerangi dan menggerakkan negeri.

“Kami yakin bahwa dengan menjalankan program TJSL yang tepat, PLN IP dapat berkontribusi dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,” kata Edwin.

Edwin menjelaskan bahwa PLN Indonesia Power menjalankan bisnis dengan fokus pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) yang seimbang melalui empat pilar utama: Ekonomi, Sosial, Lingkungan, dan Tata Kelola. Program TJSL telah menjadi bagian dari strategi bisnis perusahaan, sebagai upaya manajemen risiko yang didukung oleh perencanaan yang cermat serta pemilihan program yang tepat sasaran.

"Hal ini sesuai dengan ISO 26000:2010 Guidance on Social Responsibility yang telah diadopsi menjadi SNI ISO 26000:2013," tambahnya.

Menurut Edwin, program TJSL yang dijalankan oleh PLN Indonesia Power terbukti mampu menciptakan nilai manfaat bersama (Creating Shared Value) antara perusahaan, pemangku kepentingan, dan masyarakat sekitar.

Edwin juga menyatakan bahwa PLN IP berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan program TJSL agar memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat dan lingkungan. Dengan menjalankan program TJSL yang berkelanjutan, PLN IP yakin dapat berkontribusi dalam mewujudkan pembangunan bangsa yang sejahtera, demokratis, dan adil.

"Menjadi perusahaan yang berkelanjutan adalah tujuan semua perusahaan, termasuk PLN IP. Hal ini tercermin dalam visi perusahaan, dan PLN IP berkomitmen untuk secara konsisten menjalankan kerangka kerja ESG serta terus berkontribusi dalam pencapaian SDGs dan menjalankan tanggung jawab sosial kepada masyarakat," ungkap Edwin.

Komitmen PLN IP dalam menjalankan program CSR yang terintegrasi dengan prinsip-prinsip ESG dan SDGs mendapat apresiasi. Pada ajang Economic Review-Ideku Group yang bertema “Berbagi Aksi dan Solusi Perusahaan melalui CSR-SGD-ESG untuk Mempercepat Pembangunan Bangsa yang Sejahtera, Demokratis, dan Adil,” PLN IP meraih dua penghargaan bergengsi:

1. The Best Indonesia CSR-SGD-ESG Award Category Juara Umum dengan skor 96,10. 2. The Best Commitment CEO for CSR-SGD-ESG yang diraih oleh Direktur Utama PLN IP, Edwin Nugraha Putra, dengan skor 95,70.

“Pencapaian ini memotivasi PLN IP untuk terus meningkatkan kinerja dan komitmennya dalam menjalankan program CSR yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat,” tutup Edwin.

Halaman :

Terkini