PLTU Ombilin: Olahan FABA, Solusi Ramah Lingkungan untuk Pertanian Berkelanjutan

Sabtu, 02 Desember 2023 | 12:56:02 WIB

JAKARTA-PLTU Ombilin telah berhasil mengubah limbah batu bara menjadi pupuk silika yang bermanfaat bagi pertanian. Inovasi ini merupakan solusi ramah lingkungan yang dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Limbah batu bara, yang dikenal sebagai Fly Ash Bottom Ash (FABA), merupakan masalah lingkungan yang dapat menyebabkan pencemaran. Namun, dengan inovasi dari PLTU Ombilin, FABA dapat diolah menjadi pupuk silika yang kaya akan silika.

Silika merupakan unsur penting bagi pertumbuhan tanaman. Unsur ini dapat membantu tanaman untuk tumbuh lebih subur, tahan terhadap hama dan penyakit, serta meningkatkan hasil panen.

Pupuk silika dari PLTU Ombilin telah memenuhi standar mutu dan keamanan. Pupuk ini telah mendapatkan izin edar dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Inovasi ini merupakan contoh nyata dari komitmen PLN Indonesia Power dalam pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. PLN IP terus berupaya untuk menciptakan nilai bersama bagi perusahaan, masyarakat, dan lingkungan.

Chandra Indrawanto, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Sumatera Barat, memberikan apresiasi terhadap terobosan PLN IP PLTU Ombilin. Ia menekankan bahwa pupuk silika yang terbuat dari FABA memberikan manfaat yang besar bagi petani di sekitar pembangkit, membantu tanaman agar batangnya lebih tegak dan mendukung proses fotosintesis.

Terkini